Kamis, 24 Mei 2012

Manusia dan Tanggung Jawab



Tanggung jawab adalah kewajiban seseorang untuk menanggung segala sesuatu apa yang telah ia lakukan baik secara sengaja ataupun yang tidak ia sengaja. Selain itu, tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.
Sebagai contoh seorang ayah mencari nafkah. Bila ayah tersebut bekerja keras unntuk mencari nafkah, itu berarti ia telah memenuhi kewajibannya dan itu juga artinya ia telah bertanggung jawab atas kewajibannya. Namun sebaliknya, jika seorang ayah tersebut tidak bisa memberi nafkah kepada keluarganya dengan alasan tidak mendapatkan pekerjaan maka itu artinya ia tidak bertanggung jawab dan gagal dalam memenuhi kewajibanya.
Tanggung jawab itu sendiri sifatnya kodrati karena telah menjadi bagian kehidupan seorang manusia yang sudah dibebani kepadanya.
Macam macam tanggung jawab:
Tanggung jawab terhadap diri sendiri, yaitu tanggung jawab yang menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Contohnya adalah ketika seseorang bermain bola lau mengalami cedera sehingga ia mengalami cacat, itu merupakan salah satu konsekuensi dari tanggung jawab atas profesi yang ia pilih.
Tanggung jawab terhadap keluarga dimana tanggung jawab ini kita tujukn terhadap anggota keluarga. Contohnya adalah sebagai seorang pelajar, maka saya mempunyai kewajiban untuk belajar agar saya bisa memberikan nilai yang baik kepada orang tua saya sebagai wujud tanggung jawab karena telah diberi hak pendidikan.
Tanggung jawab terhadap masyarakat, adalah tanggung jawab dimana kita harus bertanggung jawab terhadap posisi kita dalam kehidupan bermasyarakat. Contohnya adalah sebagai para pemuda dalam masyarakat, kita bertanggung jawab untuk menjadi pemuda yang aktif dalam kegiatan bermasyarakat.
Tanggung jawab terhadap bangsa atau negara, adalah tanggung jawab yang kita lakukan untuk bangsa atau negara. Contohnya adalah sebagai masyarakat indonesia, kita mempunyai tanggung jawab untuk menjaga wilayah kita baik ancaman dari dalam maupun dari luar.
Tanggung jawab terhadap Tuhan, adalah tanggung jawab yang kita lakukan dan kita pertanggungjawabkan kepada Tuhan. Contohnya adalah sebagai manusia yang beragama maka kita harus bertanggung jawab dengan apa yang telah kita perbuat di hadapan Tuahn kelak.
Tanggung jawab merupakan ciri manusia yang beradab. Manusia bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik buruk perbuatannya itu dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengorban dari tanggung jawabnya itu. Oleh karena itu, untuk memperoleh atau meningkatkan rasa tanggung jawab itu sendiriperlu ditempuh dengan cara pendidikan, penyuluhan, keteladanan dan melalui agama
Materi referensi : Ebook Ilmu Budaya Dasar Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar