Rabu, 24 Oktober 2012

E-COMMERCE DALAM PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MODERN


A. Definisi dan Sejarah E-COMMERCE
E-commerce merupakan prosedur berdagang atau mekanisme jual-beli di internet dimana pembeli dan penjual dipertemukan di dunia maya. E-commerce juga dapat didefinisikan sebagai suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“. 
E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan). Proses yang ada dalam E-commerce adalah sebagai berikut :
a. Presentasi electronis (Pembuatan Web site) untuk produk dan layanan.
b. Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan.
c. Otomasi account Pelanggan secara aman (baik nomor rekening maupun nomor Kartu Kredit).
d. Pembayaran yang dilakukan secara Langsung (online) dan penanganan transaksi. 
B. JENIS E-COMMERCE
E-Commerce dapat dibagi menjadi beberapa jenis yang memiliki karakteristik berbeda-beda.
1. Business to Business (B2B)
  2. Business to Consumer (B2C) 
3. Perdagangan Kolabratif.(collaborative commerce).
Penggunaan website untuk menjajakan produk dan service yang merupakan contoh dari e-commerce
·         Amazon http://www.amazon.com
Amazon merupakan toko buku virtual yang menjual buku melalui web sitenya. Kesuksesan Amazon yang luar biasa menyebabkan toko buku lain harus melakukan hal yang sama.
·         eBay http://www.ebay.com, merupakan tempat lelang on-line.
·         NetMarket http://www.netmarket.com,
·         Kaskus http://www.kaskus.com
·         Toko Bagus http://www.tokobagus.com
C. KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN E-COMMERCE
*      Keuntungan
           a.   Bagi Perusahaan memperpendek jarak, perluasan pasar, perluasan jeringan mitra    bisnis dan efisiensi, dengan kata lain mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif, serta mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, cetakan, report, dan sebagainya sehingga dapat meningkatkan pendapatan.
b.     Bagi Konsumen,  efektif, aman secara fisik dan flexible. Akses penuh 24 jam / 7 hari Konsumen dapat berbelanja atau mengolah bernagai transaksi lain dalam 24 jam sepanjang hari, sepanjang tahun di sebagian besar lokasi. Contohnya memeriksa saldo, membuat pembayaran, dan memperoleh informasi lainnya.
     c.       Bagi Masyarakat Umum,
Ø  mengurangi polusi dan pencemaran lingkungan,
Ø  Praktek kerja yang lebih fleksibel.
*      Kerugian
Walaupun adanya e-commerce memberi banyak keuntungan, masih terdapat berbegai kekurangan dari e-commerce antara lain:
a.      Bagi Perusahaan / Organisasi
·      Keamanan sistem rentan diserang
·      Persaingan tidak sehat
b.     Bagi konsumen
·      Perlunya keahlian computer
·      Biaya tambahan untuk mengakses internet
·      Biaya peralatan computer
c.       Bagi masyarakat
·      Berkurangnya interaksi antar manusia
·      Kesenjangan social
·         Adanya sumber daya yang terbuang
·         Sulitnya mengatur internet


Tidak ada komentar:

Posting Komentar