Selasa, 13 Maret 2012

Tugas 1 IBD



Tema: Bagaimana Kebudayaan Mempengaruhi Kehidupan Kita.

Arti dari kebudayaan itu sendiri adalah salah satu kekayaan bangsa Indonesia yang bukan saja diakui dunia tetapi juga memberikan nilai pada perkembangan Kebudayaan dunia. Bagi kehidupan bangsa indonesia, masuknya pengaruh asing dalam era globalisasi ini sudah tidak dapat dibendung lagi , nilai-nilai Kebudayaan bangsa Indonesia semakin berkurang, karena remaja di zaman sekarang lebih cenderung mengikuti mode, gaya hidup, dan fashion kebudayaan Asing. Contohnya di tahun ini Kebudayaan Bangsa Korealah yang sedang mempengaruhi kehidupan remaja Indonesia. Mereka mengikuti gaya berpakaian sampai gaya menari. Masuknya Kebudayaan Asing yang membuat Kebudayaan bangsa Indonesia banyak diklaim oleh Negara-negara lain, karena globalisasi tidak dapat diartikan satu per satu dalam bidang kehidupan. Akan tetapi, masing-masing bidangsaling berkaitan antara satu dengan yang lainnya, dalam era globalisasi ini, dapat dikatakan bahwa dunia semakin kecil dan sempit, sehingga hubungan antar bangsa dan negara semakin dekat, komunikasi pun semakin cepat dan saling mempengaruhi.
Banyak yang mengatakan bahwa globalisasi merupakan proses kehidupan yang serba luas dan mendunia sehingga, pengaruhnya dapat mengubah tatanan kehidupan bangsa seperti bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya.
Jadi, bangsa Indonesia harus dapat mengembangkan profesionalisme sumber daya manusia (SDM-nya) agar mampu menyeleksi masuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa dan saya sebagai generasi muda harus mendukung itu agar kebudayaan bangsa kita tidak kalah dengan kebudayaan asing yang semakin berkembang pesat.

Adapun aspek-aspek positif dan negatifnya, antara lain;

Aspek positif
a. mempercepat perubahan pola kehidupan suatu bangsa.
b. terjadinya pergeseran nilai kehidupan dalam masyarakat.

Aspek negatif
a. masuknya budaya asing yang membawa dampak buruk terhadap remaja Indonesia.
b. berkurangnya rasa cinta terhadap budaya sendiri.
c. bangsa Indonesia mengalami kesulitan dalam menyeleksi masuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan budayanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar