Sabtu, 31 Desember 2011

Tugas 2


Dalam kehidupan kita mengenal adanya tiga karakter dan lingkungan yang dimiliki oleh manusia, yaitu: individu, keluarga, dan masyarakat. Berikanlah sebuah pemahaman dari tiga tipe atau pola kehidupan dan jelaskan pula contoh- contoh dari masing-masing kehidupan tersebut.
Jawab:
INDIVIDU, KELUARGA, DAN MASYARAKAT’
Individu atau pribadi manusia merupakan keseluruhan jiwa-raga yang mempunyai ciri khas  pertumbuhan individu adalah proses perubahan secara perlahan pada manusia dalam mengenal suatu secara keseluruhan baru kemudian mengenal bagian-bagian dari lingkungan yang ada.
Pembagian pertumbuhan individu berdasarkan psikologi:
1.      Masa vital yaitu dari usia 0 – 2 tahun. Pada masa individu menggunakan fungsi-fungsi biologis  untuk menemukan berbagai hal dalam dunia.
2.      Masa estetikaq dari usia 2 – 7 tahun. Pertumbuhan anak dalam fungsi panca indera, sebagai subjek yang mempunyai kebebasan untuk menghendaki sesuatu.
3.      Masa intelektualdari usia 7 – 14 tahun. Adanya minat kepada kehidupan praktis sehari-hari yang konkret , sangat realistik ingin tahu, ingin belajar, gemar membentuk kelompok sebaya.
4.      Masa sosial dari usia 13 – 21 tahun

Keluarga  adalah unit atau satuan masyarakat terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dalam masyarakat.
Konsep keluarga:
1.      Keluarga terdiri dari orang-orang yang bersatu karena ikatan perkawinan.
2.      Anggota suatu keluarga biasanya hidup bersama-sama dalam satu rumah dan mereka membentuk suatu rumah tangga (household).
3.      Keluarga itu merupakan satu kesatuan orang-orang yang berinteraksi dan saling berkomunikasi yang memainkan peran suami-istri, bapak-ibu.
4.      Keluarga itu mempertahankan suatu kebudayaan bersama dan sebagian besar berasal dari kebudayaan umum yang lebih luas.
Masyarakat adalah suatu istilah yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari, ada masyarakat kota, desa, ilmiah, dan sebagainya.
Pertumbuhan masyarakat dapat di golongkan menjadi:
1.      Masyarakat sederhana (primitif). Dalam lingkungan masyarakat ini pola pembagian kerja cenderung dibedakan menurut jenis kelamin.
2.      Masyarakat maju. Masyarakat maju memiliki aneka ragam kelompok sosial, masyarakat tumbuh dan berkembang berdasarkan kebutuhan serta tujuan tertentu yang akan tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar